Salah satu permasalahan yang muncul saat seseorang berbelanja online adalah soal keaslian barang. Seringkali keaslian barang yang akan dibeli dipertanyakan, mengingat begitu banyaknya penjual yang memasang barangnya di e-commerce. Tokopedia, sebagai salah satu pemain e-commerce menyadari hal tersebut.
Sebagai solusi dari masalah tersebut, Tokopedia meluncurkan official store yang bisa diakses melalui situs dan aplikasi. Lantas, apa yang membedakan penjual di channel baru tersebut? Menurut Inna Chandika, Vice President of Merchants Tokopedia, penjual di Official Store sudah mengalami rangkaian seleksi pihaknya.
“Untuk menjadi official store, (penjual) harus memiliki NPWP, izin merek, dan izin produksi. Dari sana kami bisa menjanjikan kualitas semua barang yang dijual ,” tambah Inna pada Grand Launch Official Store Tokopedia di Jakarta (29/3/2019).
Beberapa e-commerce lain memang sudah memiliki fitur
sejenis, namun, ada tiga nilai tambah utama yang dihadirkan oleh Official Store
di Tokopedia. Pertama, produk yang ditampilkan sudah dipastikan selalu tersedia
dan dapat dikirim dengan cepat. Kedua, pengguna akan mendapat jaminan uang
kembali sebanyak 200 persen harga barang bila produk yang didapat tidak asli.
Ketiga, Tokopedia memberikan garansi 7 hari.
Saat ini, Tokopedia telah bekerja sama dengan lebih dari
2.000 mitra pemilik merek di fitur Official Store Tokopedia. Barang yang
tersedia di antaranya alat-alat rumah tangga, kebutuhan ibu dan anak, koleksi
fashion dan kecantikan, gadget dan elektronik terbaru, beragam makanan dan
minuman, kesehatan, otomotif, serta mainan dan hobi.
Tokopedia juga memperkenalkan tampilan logo baru official store di Tokopedia. “Dari sisi teknologi, kami telah memperbarui user interface and user experience ,sehingga baik tampilan dan penggunaan menjadi lebih mudah dan nyaman untuk pengguna. Kini ikon Official Store dapat lebih mudah ditemukan dan diakses oleh pengguna, langsung dari bagian tengah bawah halaman utama aplikasi Tokopedia,” tambah Inna.
Dalam kesempatan ini, Bank Mandiri sebagai salah satu
pendukung program Official Store Tokopedia memperkenalkan program promo khusus
bagi nasabah Mandiri untuk meningkatkan transaksi di platform Tokopedia. Muhamad
Gumilang, Senior Vice President Bank Mandiri mengatakan bahwa program promo ini
merupakan apresiasi kepada 20 juta nasabah yang telah bertransaksi di Bank
Mandiri.
“Saat ini berbelanja di platform e-commerce telah menjadi
tren di nasabah Bank Mandiri dan cenderung meningkat. Ini terlihat pada data
frekuensi transaksi kartu mandiri, baik debit maupun kartu kredit, yang
mengalami peningkatan hingga 80% pada tahun 2018 dibandingkan tahun sebelumnya,”
kata Muhamad.
Muhamad menyebutkan, total transaksi e-commerce Bank Mandiri pada tahun 2018 mencapai Rp 4,5 triliun. “Sebesar 18 hingga 20 persen dari angka tersebut merupakan transaksi di Tokopedia,” tambahnya.
Sumber :
https://swa.co.id/swa/trends/tokopedia-gandeng-2000-merek-dalam-fitur-baru
Editor : Eva Martha Rahayu
jika anda tidak ingin repot membersihkan hunian anda, segera hubungi kami cleaning service panggilan jogja untuk solusi terbaik