Pemerintah, melalui Kementerian Koperasi & UKM RI dan Kementerian Komunikasi & Informatika RI sejak 2017, telah meluncurkan program “UMKM Go Online” guna mendorong UMKM siap bersaing di skala nasional bahkan global. Dalam upaya mendukung program pemerintah tersebut, Ralali.com menggerakkan ratusan ribu agen guna membantu UMKM Go Onling.
Merujuk data Kementerian
Koperasi & UKM RI tahun 2018, UMKM Indonesia berkontribusi terhadap Produk
Domestik Bruto (PDB) hingga 60,34%. Demi meningkatkan peran ekonomi kerakyatan,
pemerintah menargetkan sumbangsih UMKM terhadap PDB menyentuh angka 65% atau
sekitar Rp 2.394,5 triliun di tahun 2019 ini.
Ralali.com saat ini telah mampu menaungi lebih dari 600 ribu UMKM dengan target pemberdayaan 1 juta UMKM dalam 4 bulanan ke depan. Hal ini turut mendukung target pemerintah tersebut. Chief Operations Officer (COO) Ralali.com, Alexander Lukman, menuturkan, guna mencapai misinya, Ralali.com telah menyediakan berbagai akses dan konektivitas yang relevan bagi para pelaku usaha.
“Pelaku UMKM Indonesia memiliki semangat dan antusiasme yang tinggi untuk berkembang, hal ini dibuktikan dengan terus bertambahnya pelaku UMKM yang bertransaksi dan memenuhi kebutuhan usahanya melalui platform digital. Ralali.com menyikapi hal ini dengan memfasilitasi UMKM di Indonesia dengan menghadirkan infrastruktur teknologi secara holistik bagi pelaku UMKM,” ia menerangkan (16/07/2019).
Menurut Alex, dalam satu platform, Ralali.com
menyediakan sepenuhnya mulai dari kebutuhan barang dan jasa, pembayaran,
pendanaan dan pembiayaan, logistik pengiriman, hingga berinteraksi dan
bertransaksi.
Ralali.com telah berinovasi dengan menyediakan suplai kebutuhan, layanan logistik hingga akses pendanaan. Inovasi tersebut dibantu dengan hadirnya platform digital BIG Agent yang berperan membantu pelaku UMKM terhubung dengan berbagai solusi kebutuhan usaha yang sangat kompleks. Kendala pelaku UMKM dapat tersingkap dengan tepat dan efektif melalui kinerja BIG Agent, yang memberikan layanan survei pasar, promosi dan akuisisi (penjualan) bagi pelaku UMKM. Inovasi ini menunjukan Ralali.com telah mempelajari dan siap memenuhi kebutuhan UMKM Indonesia dengan mengkurasi segala solusi dalam satu infrastruktur teknologinya.
Mengutip data Kominfo.go.id,
pertumbuhan pengguna internet di Indonesia sangat tinggi sekitar 56,4%, namun
Alex menilai pelaku usaha kecil menengah yang menggunakan platform online saat
ini masih terbatas yaitu kurang dari 8%. “Namun kami yakin tren UMKM Go Online
tetap berpeluang tumbuh, seiring meningkatnya kesadaran mereka,” imbuhnya
Untuk itulah, hadirnya Big Agent yang mewadahi tenaga kerja lepas on-demand untuk mengerjakan KYC (profiling buyers), promosi produk yang relevan, serta edukasi digital kepada pelaku usaha terkait bisnis agar tercapai misi UMKM Go Online. Saat ini telah terdaftar 300.000 Sobat Agent (sebutan pengguna BIG Agent) dari 25 kota se-Indonesia mulai dari Jakarta, Sumatera, Jawa dan Kalimantan dan masih akan terus berkembang jumlahnya secara masif. Jelas, makin banyak penduduk Indonesia yang melek digital, ini saatnya untuk mengajak UMKM Go Online.
Kondisi penetrasi
pengguna internet mengindikasikan peluang besar UMKM untuk merambah ke ranah
digital terus bertumbuh ke depannya, meskipun kenaikan prosentase UMKM
menggunakan platform online terbilang rendah, Ralali.com dengan inovasi
teknologi yang diciptakan mampu mendorong perilaku UMKM secara signifikan
menuju digital market. Belum lagi, imbuh Alex, faktanya saat ini investor
global dan regional memandang Indonesia sebagai negara paling atraktif yang
patut dijadikan tujuan investasi di ASEAN. Hal ini diukur dari pertumbuhan
sektor B2B di Amerika Serikat dan China yang berada di posisi dua kali lipat
dari sektor B2C. Sedangkan di India, porsi B2B diperkirakan mencapai 6 kali
lipat dari B2C.
"Melihat tren
pertumbuhan industri bisnis B2B dunia, kami yakin potensi pasar B2B online
di Indonesia sangat prospektif. Dengan menjadi B2B marketplace
satu-satunya di Indonesia yang mampu memproses jutaan transaksi setiap bulannya, Ralali.com memiliki tanggung jawab
dalam mengedukasi pasar UMKM guna memenuhi kebutuhan
aktivitas usaha dagang mereka,” ujarnya optimis.
Ia melanjutkan, dalam peta pertumbuhan UMKM di Indonesia memang harus didorong dari berbagai pihak seperti program pemerintah, financing partners, logistik, brand partners dan pihak-pihak lainnya, sehingga mendorong pertumbuhan utamanya yakni pengenalan dan trustpelaku UMKM terhadap platform digital market.
Head of Transformation Ralali.com,
Raditya Danu Wardhana menjelaskan, BIG Agent berperan besar terhadap seluruh
kemudahan yang ditawarkan pihaknya kepada pelaku UMKM. "Sebanyak 300 ribu
Sobat Agent yang tergabung dalam platform kami bertugas menghimpun data dan
informasi dari para UMKM di berbagai daerah dari 25 kota di seluruh Indonesia.
Sehingga mereka -pelaku UMKM atau kami sebut Sahabat Ralali.com - ini butuh
bahan baku apa saja, kami siap sediakan. Sebab Ralali.com telah mengelola lebih
dari 300.000 produk dari merek besar semacam UFS, CocaCola, PaperOne, Asus,
Siam Cement Group, P&G hingga Unilever.”
Danu juga menjelaskan bahwa Ralali.com
siap membantu para UMKM dari segi pendanaan. Mengingat, platform B2B
marketplace ini sudah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan fintech
terkemuka. "Jika pelaku usaha kesulitan dalam urusan permodalan,
Ralali.com hadir menawarkan akses financing dengan fintech
partners guna mendorong kemajuan usaha," ungkapnya.
Sejalan dengan misi pemberdayaan satu
juta UMKM di tahun ini, Ralali.com turut membesut beragam kegiatan pembekalan
secara online dan offline pendukung lainnya melalui
ekspansi ke puluhan kota se-Indonesia. Tujuannya tidak lain untuk menjangkau
berbagai pelaku UMKM, termasuk kolaborasi dengan pemerintahan antara lain
menyukseskan program e-Smart IKM bersama Kementerian Perindustrian Republik
Indonesia dan beragam workshop UMKM melek digital bersama Kementerian
Perdagangan Republik Indonesia.
Untuk diketahui pula, program
pemberdayaan UMKM telah dilakukan Ralali.com sejak 2016 dengan menjangkau
berbagai daerah mulai dari Pulau Jawa, Bali hingga Sumatera. Tujuan program ini
tak lain adalah untuk memantik pemahaman lebih mendalam mengenai strategi
bisnis secara digital dalam berbagai lini, yang sejalan dengan tema semangat
pemerintah menuju UMKM Go Online di 2019.
Sumber : https://swa.co.id/swa/trends/ralali-com-gerakkan-ratusan-ribu-agen-bantu-umkm-go-online
rumah anda kotor? jangan khawatir klik cleaning service panggilan jogja untuk solusi terbaik