KlinKlin Indonesia merupakan jasa cleaning service panggilan no.1 di Indonesia. Kami melayani jasa bersih kost Bandung, jasa bersih rumah Bandung dan cleaning service Bandung. Cabang kami tersebar di berbagai wilayah seperti cleaning service jakarta, bandung, jogja, surabaya, malang, semarang, balikpapan, bontang dan lainnya. Hubungi 085877678008

Gempa besar bergolak di California Selatan, beberapa kerusakan timur laut Los Angeles


LOS ANGELES. Gempa bumi yang dahsyat mengguncang California Selatan pada Kamis, memicu kebakaran dan merusak bangunan di kota padang pasir di timur laut Los Angeles, tetapi pihak berwenang mengatakan hanya ada luka ringan.





Gempa berkekuatan 6,4, yang terbesar dalam dua dekade di daerah itu, melanda sekitar 182 km di timur laut Los Angeles dekat kota Ridgecrest sekitar pukul 1:30 siang EDT (1730 GMT), menurut US Geological Survey ( USGS). Gempa itu melanda sebuah daerah di tepi Taman Nasional Death Valley.





Departemen Pemadam Kebakaran Kabupaten Kern mengatakan pihaknya berurusan dengan "beberapa luka," dua kebakaran rumah, kebakaran sikat kecil dan kebocoran gas.





"Namun, kami merasa akan lebih unggul dalam hal ini," kata Kepala Pemadam Kebakaran Wilayah Kern David Witt pada briefing. "Kami tidak tahu jumlah pasti dari cedera tetapi sejauh ini mereka kecil."





Walikota Ridgecrest Peggy Breeden mengatakan dia telah menyatakan keadaan darurat, sebuah langkah yang memungkinkan kota itu menerima bantuan dari agen-agen luar.





Rumah Sakit Regional Ridgecrest sedang dievakuasi dan mengakui pasien dipindahkan ke lokasi lain karena takut gempa susulan yang kuat, katanya.





Meskipun tidak ada cedera yang dilaporkan, Breeden mengatakan dia telah meminta penduduk untuk memeriksa tetangga mereka, terutama orang tua yang merupakan bagian penting dari populasi kota.





"Mereka semua baik-baik saja. Kami adalah komunitas yang erat dan semua orang bekerja untuk saling menjaga," katanya kepada Reuters melalui telepon.





Gempa itu adalah yang terbesar di California Selatan sejak gempa bumi Northridge berkekuatan 6.6 skala Richter 1994, kata Paul Caruso, ahli geofisika USGS. Gempa itu, yang berpusat di daerah padat penduduk Los Angeles, menewaskan 57 orang dan menyebabkan kerusakan miliaran dolar.





Ridgecrest mungkin tidak mendapatkan banyak istirahat dalam beberapa jam dan hari-hari mendatang.





Ahli seismologi USGS, Lucy Jones, mengatakan lebih dari 80 gempa susulan telah melanda daerah itu beberapa jam sejak gempa awal. "Kita seharusnya mengharapkan banyak gempa susulan dan beberapa dari mereka akan lebih besar dari 3s yang telah kita alami sejauh ini," kata Jones pada konferensi pers.





"Saya pikir kemungkinan memiliki kekuatan 5 ... mungkin lebih besar dari 50-50," katanya.





LEMBAH KEMATIAN





USGS mengatakan gempa itu, yang awalnya dilaporkan berkekuatan 6,6, sangat dangkal - hanya 6,7 ​​mil (10,7 km) - yang akan memperkuat efeknya.





Gempa itu terasa di seluruh Los Angeles, sejauh utara ke Fresno, dan sejauh timur ke Las Vegas, Nevada. Itu bahkan terasa di selatan perbatasan di Meksiko, di mana bangunan dievakuasi di kota-kota Tijuana dan Mexicali, menurut pejabat Negara Baja.





Menurut lembaga gempa Eropa EMSC, gempa itu terasa di daerah yang dihuni sekitar 20 juta orang.





Chuck Schlie, yang mengunjungi Los Angeles untuk pertama kalinya bersama keluarganya dari St. Louis, mengatakan bahwa dia berbaring di tempat tidur di kamar hotelnya di dekat Anaheim ketika dia merasa gemuruh.





"Aku berpikir, wow, ini benar-benar aneh. Apakah aku akan gila?" Kata Schlie di luar TCL Chinese Theatre yang bersejarah di Hollywood Boulevard. "Jika kamu belum pernah mengalaminya, kamu berpikir, Apakah aku keluar dari pikiranku? Mengapa aku merasa seperti ini?"





James Wilhorn, manajer Mini Mart Howard di Ridgecrest, mengatakan pompa bensinnya adalah satu-satunya yang terbuka di daerah itu karena kerusakan pada orang lain dan liburan Hari Kemerdekaan, dan ada garis 20 mobil menunggu untuk mengisi tangki mereka.





"Saya mengepel lebih dari 20 galon (76 liter) anggur yang jatuh selain bir, soda, dan pendingin yang jatuh. Kami memiliki kerusakan senilai beberapa ribu dolar," kata Wilhorn.





LEBIH BANYAK GEMPA, KEKUATAN LUAR





Pusat gempa itu sangat dekat dengan Ridgecrest, sebuah kota dengan populasi lebih dari 27.600 di gurun tinggi. Daerah ini telah menderita kawanan gempa di masa lalu, termasuk serangkaian sekitar 2.500 getaran selama lima minggu di musim panas 1995.





Menurut poweroutage.us, 5.851 pelanggan tidak memiliki listrik di Kern County.





Departemen Pemadam Kebakaran Kabupaten Kern mengatakan rumah sakit Regional Ridgecrest sedang dievakuasi sebagai tanggapan terhadap gempa. Rumah sakit tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar.





Suhu di daerah itu diperkirakan akan naik hingga hampir 100 derajat Fahrenheit (37,8 ° C) pada hari Kamis, dengan kelembaban yang sangat rendah, kata Weather Channel.





Presiden Donald Trump mengatakan dia telah diberitahu tentang gempa bumi. "Semua tampaknya sangat terkendali!" Trump tweeted.





Sumber : https://english.kontan.co.id/news/big-quake-rumbles-across-southern-california-some-damage-northeast-of-los-angeles





Sumber: 
Editor Reuters : Wahyu Rahmawati





apakah anda ingin membersihkan rumah atau kost anda namun tidak memiliki waktu luang? serahkan kepada kami, klik jasa bersih rumah dan kost jogja untuk solusi terbaik


Update App